PAs-PAI

logo-resmi-paspai

 

Program Asistensi Pendidikan Agama Islam (PAs-PAI) dilahirkan dari rahim Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Purwakarta yang didorong oleh niat suci dan motivasi yang kuat untuk menghadirkan lembaga syiar Islam di dalam lingkungan kampus sebagai wadah silaturahim, pembinaan, dan pembentukan karakter generasi rabbani yang didambakan oleh umat Islam di zaman ini dan seterusnya. Keberadaan PAs-PAI di tengah-tengah kehidupan akademik STKIP Purwakarta diharapkan dapat menciptakan lingkungan kampus yang penuh harmoni dan Islami.

Secara mendasar, program ini sebenarnya merupakan pengembangan sayap tarbiyah Islamiah mata kuliah PAI yang dikontrak oleh seluruh mahasiswa tingkat pertama STKIP Purwakarta. Menyadari bahwa jam mata kuliah PAI yang tersedia hanya sebanyak dua SKS, terlalu singkat bagi doesn PAI untuk bisa menyampaikan kahazanah keilmuan Islam yang sangat luas, program ini dihadirkan sebagai ruang tambahan bagi para mahasiswa untuk meneguk sejuknya oase ilmu agama Islam yang tidak terbatas melalui kegiatan kuliah duha dan mentoring.

19 September 2016 ditetapkan sebagai hari lahir PAs-PAI STKIP Purwakarta. Tanggal tersebut dipilih karena pada hari itulah Surat Keputusan Ketua STKIP Purwakarta No:058/AK.14/IX/2016 tentang penyelenggaraan PAs-PAI di STKIP Purwakarta ditandatangani secara resmi. Artinya, PAs-PAI telah menjadi lembaga yang legal dan diakui.

Nama Program Asistensi sendiri dipilih setelah melalui proses pemikiran, diskusi, dan pertimbangan yang matang. Sebagai pertimbangan utama, dalam penyelenggaraannya, secara teknis dosen PAI dibantu oleh para mahasiswa tingkat dua sampai tingkat akhir yang memiliki kompetensi keislaman yang baik dan berdedikasi tinggi untuk menyelenggaran program Asistensi. Dalam hal ini, secara tidak langsung mereka menjadi asisten dosen PAI dalam mengurus berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Program Asistensi. Adapun kegiatan-kegiatan tersebut adalah kuliah duha, mentoring, MABIT, dan outbond sebagai bentuk pembinaan ruhiyah, aqliyah, dan jasadiyah para mahasiswa Muslim.

Sebagai lembaga yang baru dilahirkan, Program Asistensi telah memiliki bentuk dan arah yang jelas dalam hal keorganisasian. Perumusan visi dan misi, rencana strategis, pedoman penyelenggaraan, dan standar mutu telah dibuat dengan sebaik-baiknya sebagai pedoman bagi penyelenggara dan pengurus dalam menjalankan aktivitas keorganisasian. Dengan keberadaan semua hal di atas, diharapkan Program Asistensi dapat dijalankan secara profesional, akuntabel, dan bertanggungjawab.

logo-resmi-paspai-4

Visi

Melahirkan mahasiswa lulusan Mata Kuliah PAI yang berislam secara kaffah dan bermanfaat bagi kemanusiaan

Misi

Berangkat dari visi tersebut, maka yang menjadi misi Program Asistensi  adalah:

  1. Menciptakan lingkungan kegiatan Program Asistensi yang nyaman dan Islami
  2. Meningkatkan khazanah keilmuan, kekuatan jasadiyah, dan ruhiyah peserta Program Asistensi
  3. Meningkatkan dan mengembangkan kompetensi para pengurus Program Asistensi
  4. Menanamkan jiwa kepemimpinan dan entrepreneurship kepada seluruh peserta Program Asistensi
  5. Menciptakan kegiatan mentoring yang menyenangkan, inspiratif, dan aplikatif